- PENGERTIAN dan PENEMU
Kipas ini merupakan kipas tanpa bilang yang dibuat oleh James dyson
yang diluncurkan pada oktober 2009. Dengan lebih dari 100 paten-paten,
teknologi di dalam bladeless fan Dyson bekerja dengan menyedot hingga 33
liter udara ke dalam akselerator topan, dengan cara yang mirip dengan
mesin jet atau turbo charger-di dalam mobil.
Kelebihan Produk ini
1. tidak berbahaya, karena tidak ada bagian yang berputar kencang (yang dapat
berbahaya jika disentuh), maka tidak perlu ada kawat pelindung.
2. Tidak perlu sering-sering dibersihkan karena tidak ada baling-balingnya
3. Adanya Pengatur kekencangan
4. sangat aman apabila anda mepunyai anak- anak yang sering memasukkan tangan kipas angin biasa
5. ukurannya yang mini, sehingga bisa di bawa kemana - mana dengan mudah
Struktur kipas ini sangat sederhana, dan karena ini sangat mudah dibersihkan.
Beralih untuk Variable Speed. Dalam sebuah kipas biasa, tiga sampai lima posisi saklar digunakan untuk mengubah kecepatan kipas angin. The Dyson hanya memerlukan satu switch untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.
Beralih untuk Variable Speed. Dalam sebuah kipas biasa, tiga sampai lima posisi saklar digunakan untuk mengubah kecepatan kipas angin. The Dyson hanya memerlukan satu switch untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.
Osilasi dari Fan
Hampir setiap penggemar memiliki kualitas berosilasi horizontal. Namun, fan ini bisa mengalirkan udara ke atas dan ke bawah oleh berosilasi bawah secara vertikal. Hal ini karena pusat gravitasi dari kipas ini sangat jauh dari basis.
Udara
Udara yang berasal dari kipas biasa tidak begitu halus.Hal ini memaksa udara, dengan menggunakan pisau, dalam bentuk tamparan udara turbulen, yang membuat aliran udara lebih kasar. Kipas Dyson mampu mengalir udara sangat lancar karena tidak adanya pisau.
- STRUKTUR
Jenis cincin struktur kipas ini adalah menarik. Bagian atas dari
kipas adalah cincin, ditunjukkan pada gambar dengan warna biru, meskipun
tersedia dalam berbagai warna. Bagian bawah kipas angin adalah silinder
dan memiliki kontrol saklar kecepatan variabel di atasnya.
Switch ini
ditempatkan di bagian depan dan digunakan untuk mengubah kecepatan kipas
angin. Dua switch lainnya ditempatkan di kedua belah pihak bekerja
untuk dan mematikan. Tepat di atas switch lubang kecil diberikan sekitar
struktur silinder. Ini bekerja sebagai inlet udara dan memiliki
kepentingan banyak dalam pengoperasian kipas angin.
- MODEL
- CARA KERJA
Cincin bladeless bekerja dalam cara yang mirip dengan sayap pesawat.
Cincin ini memiliki celah 1,3 mm melengkung di bagian dalamnya
sedemikian rupa membentuk sudut 16o. Sebenarnya, kipas memang
memiliki pisau, ada di dasar kipas angin. Udara masuk menuju struktur
melingkar yang disebut impeller aliran campuran di dalam struktur
silinder. Impeller aliran campuran sebenarnya merupakan pompa udara, dan
digunakan untuk meniup udara ke atas ke ring. Penempatan impeller
sangat penting. Jika ditempatkan dengan benar, dapat mengembangkan efek
tekanan negatif yang signifikan untuk mendapatkan aliran udara masuk.
Ketika udara mencapai ring, itu menciptakan tekanan negatif di atas
sendi dari cincin dan silinder. Ini tekanan negatif memaksa udara yang
hadir di sisi belakang cincin ke depan. Selanjutnya, ini menciptakan
tekanan negatif pada sisi belakang ring, dan karena ini, udara mulai
mengalir dari belakang ke depan, dalam apa yang disebut efek Coanda . Udara
mengalir ke depan dalam penampang circular. Udara di sekitar aliran
juga mulai bergerak karena geser kental, dan kecepatan aliran menjadi
enam belas kali lebih besar dari setiap kipas angin biasa.
Udara yang
disedot oleh motor tersebut dihembuskan ke dalam celah cincin hingga
mencapai kecepatan 55 mil per jam (sekitar 80 km/jam). Tingginya
kecepatan hembusan akan berakibat terjadinya kehampaan dan penurunan
tekanan udara di belakang cincin. Akibatnya udara terinduksi akan masuk
dari belakan cincing dan ikut terhembus ke depan. Sementara itu udara
yang berada di depan cincin akan ikut mengalir dan mampu memberikan
penguatan hingga 15 kali dengan debit udara mencapai 118 galon perdetik.
- TEORI DASAR
Secara lebih luas, sebagian orang menganggap efek untuk memasukkan
kecenderungan cairan lapisan batas untuk mengikuti permukaan lengkung,
bukan hanya lapisan batas atas jet cairan. Hal ini dalam arti yang lebih
luas bahwa efek Coandă digunakan oleh beberapa untuk menjelaskan
angkat. Efek Coanda dan mengatakan sifat cairan mencoba untuk mengalir
di sepanjang tubuh bahwa ketika Anda menempatkan objek dalam
aliran. Aliran udara di sepanjang sayap dan sayap di tempat udara
mengalir melalui lurus. Ini adalah efek dari viskositas hambatan udara
dan gesekan.
Air mengalir sepanjang sayap dibengkokkan seperti yang
ditunjukkan pada gambar. Dan mereka bekerja beberapa jenis angkatan
udara Karaniwa bengkok. Arah gaya tegak lurus dengan garis singgung dari
aliran ini, cocok untuk pusat kelengkungan. Meskipun udara dibengkokkan
oleh tabrakan dengan sayap pertama, gaya yang bekerja pada udara pada
waktu yang ditunjukkan oleh panah merah. Reaksi kekuatan gaya ini
bertindak ke arah menurunkan sayap. Terjemahan lain katakan adalah semua
panah kuning adalah gaya yang bekerja pada udara dengan efek Coanda,
dan gaya reaksi yang akan mengangkat gaya ini untuk mengangkat sayap.
- KONSEP FISIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar